Ce'est La Vie

Pernah mendengar seseorang mengatakan “No matter how hard I try to please him/her, he/she's never pleased?” Atau dua orang itu bagaikan kartu mati. Mereka tidak pernah dan tidak akan cocok selamanya?

Dalam berhubungan, sesungguhnya memang ada hal-hal yang tidak dapat dipaksakan. Dua orang teman, atau sepasang suami istri, selalu saja cekcok, atau tidak pernah sependapat. Kadangkala, salah satu pihak berusaha untuk mengerti pihak yang lainnya, berusaha berbesar hati, dan mencoba segala cara, membaca setiap buku atau majalah yang ada, mencoba segala macam tips yang ditawarkan untuk memperbaiki hubungan dengan pihak lain tsb. Tapi kasus-kasus menunjukkan bahwa hal ini selalu berakhir dengan ketidak puasan, atau perasaan tertekan bagi pihak yang berusaha.

Dalam berhubungan, pasti ada kiat-kiat agar dua orang tertentu dapat berhubungan dengan baik. Misalnya bagaimana berkomunikasi dengan baik dengan orang lain, atau bagaimana agar kita dapat berkomunikasi dengan diri sendiri dahulu dengan baik, baru setelah itu membina hubungan baik dengan orang lain. Namun, hal-hal ini ada batasnya. Walau bagaimanapun seseorang berusaha agar hubungannya berjalan mulus, ada hal-hal yang tidak dapat dipaksakan. Dan jalan satu-satunya untuk mengatasi hal ini adalah let it go, atau kalau kata group she “let it flow”.

Hal-hal yang tidak dapat dipaksakan tersebut antara lain adalah: Chemistry. Chemistry disini dimaksudkan adalah antara dua orang yang memang secara kepribadian tidak saling cocok. Mungkin saja keduanya mempunyai profesi yang sama, atau mempunyai minat yang sama, atau tinggal dalam rumah yang sama. Akan tetapi, tetap saja mereka tidak cocok satu dengan lainnya. Bagaikan dua bahan kimia yang berbeda, apabila dicampur tidak akan membaur satu dengan lainnya. Contoh lainnya adalah air dan minyak, yang tidak akan bisa bersatu hingga kapanpun.

Sebaliknya, chemistry yang cocok, akan dengan mudahnya berbaur, walaupun mempunyai profesi yang berbeda, minat yang bertolak belakang, atau tinggal diseberang benua sekalipun. Chemistry yang cocok ini, walau bagaimanapun mereka mempunyai pendapat yang berbeda, mereka akan dengan cepat saling memaafkan, dan merasa mudah sekali berkomunikasi satu dengan lainnya.

Persepsi atau cara pandang. Seseorang pasti memantulkan suatu persepsi atau image tersendiri. Di lain pihak, orang lain mempunyai cara pandang yang berbeda-beda terhadap image atau persepsi yang dipantulkan oleh orang tersebut. Walaupun dibandingkan dengan chemistry, persepsi atau cara pandang ini masih lebih mudah untuk diperbaiki, namun persepsi atau cara pandang ini terdiri dari serat-serat pengalaman dan hubungan yang sarat dan rumit. Tidak demikian mudah untuk diperbaiki, terutama apabila tidak ada keinginan dan kebutuhan untuk itu. Sebagai contoh disini adalah seorang mertua yang selalu memandang rendah kepada menantunya.

Mertua yang tentunya usianya jauh lebih tua mempunyai pengalaman-pengalaman sendiri yang sulit dihapus atau dirubah begitu saja. Apapun yang dilakukan menantunya, tidak akan pernah betul dimatanya. Apabila hal ini yang anda alami, maka seringkali anda terjebak untuk melawan situasi yang ada, berpikir-pikir mengapa hal ini terjadi pada anda, tanpa ada cara penyelesaian yang efektif. Seberapapun anda melawan situasi ini, anda tidak akan pernah berhasil. Mungkin berhasil sekali dua kali, namun persoalan dalam berhubungan ini akan senantiasa muncul kembali, sehingga membuat anda lelah fisik maupun psikis.

Yang perlu anda sadari adalah bahwa anda tidak perlu mencoba melawan situasi ini. Semakin anda melawannya, semakin runcing permasalahannya. Yang perlu anda lakukan adalah menerima fakta apa adanya, dan mencoba untuk melepaskan perasaan-perasaan keterkaitan dengannya. Perasaan-perasaan keterkaitan yang dimaksud antara lain adalah: Merasa bertanggung jawab atau bersalah atas situasi yang terjadi. Apa yang terjadi bukanlah kesalahan anda, walaupun mungkin anda mempunyai andil dalam hal ini. Akan tetapi perlu anda sadari bahwa situasi ketidak-cocokan ini pasti terjadi, apakah anda mempunyai andil atau tidak.

Merasa bahwa anda dapat menjadi pahlawan dan menyelamatkan hubungan ini. Penyelamatan hubungan ini hanya akan terjadi apabila kedua belah pihak mengusahakannya. Upaya dari salah satu pihak tidak akan menghasilkan apa-apa.

Apabila anda telah berhasil melepaskan keterkaitan-keterkaitan ini, maka tahap selanjutnya adalah berusaha untuk let it go. Berpikir bahwa hal ini bukanlah kesalahan siapa-siapa adalah yang terbaik. Menerima fakta, bahwa ketidak cocokan adalah memang produk dari chemistry yang tidak cocok, atau hasil dari pengalaman-pengalaman dua orang yang menghasilkan persepsi atau cara pandang yang berbeda. Tidak lebih dan tidak kurang.

Kita tidak akan bisa merubah air menjadi minyak bukan? Demikian pula kita tidak akan bisa merubah histori atau sejarah seseorang. Kadangkala dengan mampu menerima fakta apa adanya, dua orang yang berbeda chemistry atau dua orang yang mempunyai cara pandang yang berbeda ini bisa hidup berdampingan dengan rukun dan damai hingga waktu yang lama, tanpa ada satu orang yang merasa tersakiti atau disakiti.

Namun adakalanya pula perpisahan memang tidak dapat dielakkan. Well, ce'est la vie

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment