Mempringati Hari Kebangkitan Nasional


Kemarin sebelum pergi menghadiri RUPS Agung Podomoro Group di sunter, gw mampir sebentar kekampus, pas masuk gerbang kampus ada spanduk yang berukuran sangat besar terpampang tepat berada setelah pintu gerbang dan pastinya sangat menarik perhatian setiap orang yang masuk untuk berhenti sejenak lalu membacanya. Di spanduk tersebut terpampang tulisan dengan hurup guEde buanget “MEMPERINGATI 100 TAHUN KEBANGKITAN NASIONAL” menentukan kembali arah bangsa. Penyelenggaranya adalah BEMU dan aliansi LSM serta organ2 gerakan mahasiswa.

Disepanjang perjalanan dari kampus ke Sunter, gw terus merenung, mencoba membaca ulang tentang sejarah perjalanan bangsa ini selama bertahun-tahun. Apakah benar bangsa ini sudah merdeka dan bangkit dari keterpurukan? Merdeka dari para penjajah baik secara fisik atau non fisik, merdeka dari penjajahan ekonomi dunia barat, merdeka dari serangan arus globalisasi budaya barat, merdeka secara individu maupun secara bangsa? Ah.. rasanya gw tidak yakin untuk semuanya… saat ini bangsa Indonesia belum bangkit kawan!!! Kita masih berada dalam jajahan orang lain, masih ada dalam ketiak para penguasa asing yang terus-menerus menginjak2 kita tanpa kita sadari. Buktinya negeri ini masih banyak dihuni orang miskin, dihuni para koruptor, dihuni oleh elit-elit politik yg mengabdikan dirinya pada kekuasaan asing tanpa mempedulikan nasib bangsanya sendiri…

Intinya, kalo banyak kalangan masyarakat saat ini yang berbondong2 mempringati hari kebangkitan nasional dari berbagai kalangan, gw harap peringatan yg dilakukan bukan Cuma sebatas ngadu ngomong depan publik mengomentari keadaan negaranya sendiri tapi lebih dari itu, kita harusnya melakukan refleksi terhadap apa yg sudah dilakukan selama ini, lalu bangkit dan berbuat sesuatu untuk kemajuan bangsa ini. Mari kita satukan gerak langkah untuk menggapai masa depan Indonesia yg lebih baik, yg dihargai dan disegani oleh bangsa asing. Selamat memperingati hari kebangkitan nasional!!!




Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment